Pria ini Punya 10.000 Contoh Menu Masakan China

Masakan China merupakan satu dari banyaknya makanan khas dunia yang dapat ditemukan di negara mana saja. Persebaran masyarakat China serta keturunannya yang cukup luas menjadikan makanan ini juga turut tersebar ke banyak kota di dunia. Berdasar kecintaan terhadap masakan China, seorang pria asal New York City memiliki koleksi luar biasa berupa 10.000 menu dari berbagai restoran China.

Mendekati datangnya imlek atau tahun baru China, University of Toronto Scarborough bermaksud mengumpulkan dan memamerkan 10.000 contoh menu masakan China dari berbagai macam restoran dengan tahun yang beragam. Tetapi ternyata 10.000 menu yang didapat universitas tersebut ternyata dibeli dari hanya satu orang saja yaitu Harley Spiller.



Dilansir dari The Star, demi mendapatkan ribuan menu tersebut, University of Toronto Scarborough harus rela membayar hingga 40.000 dolar kepada Spiller. Sebelumnya pria ini memang telah dikenal sebagai salah seorang kolektor paling tersohor di Amerika Serikat. Namun tidak ada yang menyangka bahwa koleksi yang telah dikumpulkannya selama 30 tahun tersebut ternyata memiliki jumlah yang sangat luar biasa.

Semua menu tersebut berasal dari restoran China yang berada di wilayah Amerika Serikat dan Kanada. Menu yang paling tua disebut berasal dari tahun 1896 dengan tulisan bahasa Inggris yang dibuat menyerupai aksara mandarin. Selain itu terdapat juga berbagai benda unuk seperti berbagai macam kotak makanan, kue keberuntungan, serta sebuah sumpit dengan panjang delapan kaki.

Banyak peneliti dan pakar yang percaya bahwa kumpulan menu tersebut merupakan sebuah sumber yang sangat berharga dalam mempelajari sejarah makanan China di Amerika Serikat dan Kanada. Selain itu hal lain yang menarik keingintahuan peneliti adalah bagaimana cara menghubungkan hidangan tradisional China dengan rasa yang disukai di Amerika Serikat dan Kanada.

Halaman Berikutnya: