70 Ribu Malaikat Beristigfar dan Mendoakan Manusia Bila Melakukan Amalan Sederhana Ini!



Nyatanya malaikat sering mendoakan serta beristigfar untuk manusia. Tetapi tak asal-asalan, mereka bakal pilih manusia yang lakukan amal kebaikan saja. Bukan sekedar satu, manusia bahkan juga dapat memperoleh doa dari 70 ribu malaikat sekalian.

Amalan untuk menghadirkan nikmat ini termasuk enteng. Tetapi keutamaannya pasti begitu besar dibanding dengan doa serta istigfar yang dikerjakan manusia. Lalu apa amalan simpel yang bikin 70 ribu malaikat beristigfar serta berdoa untuk manusia?

Nyatanya amalan itu yaitu menjenguk orang yang sakit. Aksi ini berkesan simpel, manusia menyisikan sedikit waktunya untuk melhat saudara atau kerabatnya yang tengah sakit. Tetapi, nyatanya hal semacam ini mempunyai keutamaan yang begitu besar. Sejumlah 70 ribu malaikat bakal mendoakan kebaikannya dan beristigfar serta memohon ampun untuk manusia itu.

Aksi menjenguk orang sakit ini adalah satu diantara bentuk kasih sayang pada sesama manusia. Hal semacam ini bakal beresiko baik pada psikologis orang yang menanggung derita sakit. Hingga bakal menumbuhkan sikap optimis orang yang sakit serta bakal beresiko pada kesembuhan mereka.

“Tidaklah seseorang muslim yang menjenguk muslim yang lain pada pagi hari terkecuali ada 70 ribu malaikat yang mendoakannya sampai sore hari. Apabila menjenguknya di sore hari, ada 70 ribu malaikat yang mendoakannya sampai pagi, serta baginya satu kebun di surga. ” (HR. Al-Tirmidzi serta dishahihkan oleh al-Albani dalam Shahih al-Tirmidzi).

Siapa jenguk orang sakit pada pagi hari, duduk disebelahnya menghiburnya, mendoakan kesembuhan untuk dia, jadi 70 ribu malaikat memohonkan ampunan untuk dia hingga tiba saat sore. Amalan enteng namun mempunyai keutamaan yang begitu besar. Ini lantaran orang tadi tunjukkan karakter rahmat (kasih sayang) pada sesamanya hingga Allah juga limpahkan rahmat-Nya padanya.

Dari Jabir bin Abdillah, ia berkata : Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda : “Siapa yang mejenguk orang sakit, ia selalu dalam naungan rahmat hingga duduk. Jadi jika ia duduk, ia terbenam ke dalamnya. ” (HR. Ahmad. Dishahihkan Al-Albani dalam al-Silsilah al-Shahihah, no. 2504)

Karakter mulia ini masuk dalam keumuman sabda Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam

“Orang-orang yang penyayang pasti bakal disayangi juga oleh ar-Rahman (Allah). Jadi sayangilah masyarakat bumi pasti penghuni langit juga bakal menyayangi kalian. ” (HR. Ahmad)

Doa serta istigfar dari malaikat ini adalah kasih sayang mereka pada manusia. Istighfar beberapa malaikat lebih kuat dikabulkan lantaran mereka mendoakan dari tempat yg tidak diliat serta tak di ketahui manusia yang didoakannya. Serta doa semaca ini, dalam hadits shahih, lebih kuat dikabulkan. Ini tak lain, lantaran malaikat lihat dosa-dosa yang dikerjakan manusia serta mereka juga paham efek jelek akibatnya karena dosa-dosa itu. Hingga istighfar untuk golongan mukminin yang lebih dulu mereka kerjakan, lalu doa-doa kebaikan buat mereka.

Hal semacam ini pasti tidak sama dengan manusia, yang tidak sering mendoakan sesamanya, bahkan juga doa yang terlontar kadang-kadang malah beberapa hal jelek yang diperuntukkan pada sesama manusia. Bahkan juga, kadang-kadang, ada orang yang tega mendoakan keburukan pada dianya, istrinya, anaknya, serta hartanya. (siraman. com)

Halaman Berikutnya: