Tempat Terbaik di Indonesia untuk Perayaan Tahun Baru 2017


Perlu Tau – Perayaan tahun baru di Indonesia memang seakan tak pernah sepi. Setiap tahun berbagai tempat di Indonesia seolah menghadirkan tradisi yang berbeda-beda. Kamu yang bingung saat perayaan tahun baru 2017 ingin merayakan dimana, maka kamu bisa cek ke beberapa tempat terbaik di Indonesia berikut ini:

1. Jakarta



Bagi anak Jakarta, mencari tempat untuk merayakan malam tahun baru sangat mudah. Titik paling ikonik tentunya adalah bundaran HI. Khusus malam tahun baru, jalan Thamrin – Sudirman dijadikan kawasan bebas kendaraan bermotor. Di sinilah ribuan warga bisa tumpah ruah memadati jantung ibukota.
Sekedar untuk menikmati keramaian dan melihat pesta kembang api. Belum diketahui pasti apakah tahun ini pemprov DKI Jakarta akan kembali memusatkan penyelenggaraan tahun baru di bundaran HI. Tahun lalu, di bundaran HI tidak ada panggung hiburan.
Kawasan Taman Impian Jaya Ancol lah yang dijadikan pusat perayaan tahun baru oleh pemerintah provinsi DKI Jakarta. Biasanya, kemeriahan kemeriahan sudah bisa dirasakan sejak sore hari. Dimulai dengan parade kostum dan budaya dari Bundaran Pantai Timur (Pizza Hut) hingga ke Pantai Lagoon.
Begitu malam menjelang, berbagai musisi, band maupun penyanyi dangdut akan tampil di panggung Pantai Carnaval. Tepat pukul 00.00, kamu bisa menikmati cantiknya pesta kembang api yang ditembakkan dari tengah laut. Tahun lalu, pesta kembang api di Ancol berlangsung selama 15 menit dan diiringi lantunan musik.

Kalau kamu berencana menghabiskan malam tahun baru di Ancol, siapkan budget setidaknya Rp20.000 untuk tiket masuk per orang. Kalau kamu membawa kendaraan, akan ada biaya tiket tambahan Rp15.000 untuk motor dan Rp20.000 untuk mobil. Kamu juga bisa ke Ancol naik TransJakarta karena khusus malam tahun baru, TransJakarta beroperasi 24 jam.
Jika ingin menginap, hotel-hotel yang ada di dalam kawasan Taman Impian Jaya Ancol mungkin sudah penuh. Namun jangan khawatir. Anda masih bisa mencoba hotel di sekitarnya. Seperti di daerah Mangga Dua, Gunung Sahari, Kemayoran, dsb. Berikut daftar hotel yang ada di sekitar Taman Impian Jaya Ancol.
Pesta kembang api juga bisa kamu nikmati dengan mengunjungi beberapa mal-mal yang ada di Jakarta. Dua mal yang rutin menggelar pesta kembang api setiap tahunnya adalah La Piazza – Summarecon Mal Kelapa Gading dan Central Park Mall Jakarta.
Pesta pergantian tahun baru di La Piazza biasanya menghadirkan artis papan atas sebelum countdown dan DJ setelah countdown. Acara tertutup untuk yang membeli tiket saja. Namun kembang api tetap bisa terlihat dari luar mal. Mau menginap? Berikut hotel di sekitar Mal Kelapa Gading dan hotel di sekitar Central Park.

Kalau mau yang unik dan beda, kamu harus ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Di sini, kamu bisa menghabiskan malam pergantian tahun dengan melihat pertunjukan wayang kulit semalam suntuk. Lokasinya di Panggung Candi Bentar.
Selain itu juga ada pertunjukan campur sari dan hiburan musik gambang kromong. Merakyat dan tradisional banget! Tiket masuk ke TMII sangat murah, Rp 10.000 per orang. Jika kamu membawa mobil, tiketnya Rp 10.000,- sementara untuk motor Rp6.000.
Kalau kamu bukan tipe yang suka keramaian dan kebetulan punya budget lebih, coba deh merayakan tahun baru di Kepulauan Seribu. Menginaplah 2 hari 1 malam atau 3 hari 2 malam di Pulau Ayer, Pulau Bidadari, Pulau Putri, Pulau Pantara, Pulai Tidung, Pulau Pari atau Pulang Pramuka.

Ajak teman atau keluarga menghabiskan malam terakhir di tahun 2016 dengan barbecue serta main kembang api. Lalu sambut matahari terbit pertama di tahun 2017 bersama orang-orang yang kamu sayangi. Pasti akan sangat mengesankan. Kamu juga bisa snorkeling, naik kano atau naik glass bottom boat untuk menghabiskan hari pertama di tahun 2017.
Budget yang harus kamu siapkan untuk merayakan tahun baru di Kepulauan Seribu berkisar dari Rp 900.000 hingga 3 juta rupiah. Tergantung pulau yang kamu tuju, berapa lama menginap dan penginapan apa yang kamu pilih.

2. Bali


Kota yang satu ini memang sudah tidak asing dan paling sering dijadikan lokasi untuk menghabiskan malam pergantian tahun. Tidak hanya penduduk lokal, tapi para wisatawan mancanegara juga banyak yang berkunjung ke Bali demi merasakan pergantian tahun di pulau dewata yang tidak pernah hentinya memberikan kita kejutan. Banyaknya tempat wisata yang ditawarkan di Bali inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk kembali lagi ke sana.
Tidak hanya berbicara mengenai tempat wisatanya saja, tetapi wisata kuliner pun juga menjadi salah satu alasan pengunjung untuk kembali kesana lagi. Tempat ini selalu dijadikan destinasi paling favorit untuk menyaksikan perayaan tahun baru yang berada di Kota ini. Penasaran apa saja yang bisa kamu lakukan jika sedang berada di Bali?
Biasanya sebelum mempersiapkan liburan tahun baru, banyak wisatawan yang mengunjungi tempat-tempat wisata yang sering dikunjungi oleh para pengunjung. Belum lagi ditambah banyaknya penginapan yang unik dan baru berada di Bali. Akan tetapi, sebelum kita melihat penginapan yang berada di Bali, sebaiknya ketahui terlebih dahulu aktivitas yang wajib kamu lakukan sambil menunggu perayaan tahun baru nanti.
Glamping di Bali

Pulau Bali menawarkan berbagai tempat wisata air favorit yang selalu diburu oleh para wisatawan. Tentukan dulu tempat kamu menginap bersama keluarga atau teman-teman nanti. Kamu juga bisa mencoba untuk bermalam di Sandat Glamping Tents. Selain tempatnya seru, kamu juga bisa merasakan pengalaman baru. Glamping atau yang biasa disebut dengan Glamour Camping ini memang tengah menjadi tren liburan di kalangan para wisatawan.
Mengunjungi Tempat Wisata dan Kuliner

Berbagai permainan atau wahana air juga tersedia di Bali, misalnya saja parasiling, banana boat, flying fish, jetski, sea walker, dan diving. Spot yang paling terkenal di Bali untuk menghabiskan waktu bermain wahana air adalah Tanjung Benoa. Kalau sudah puas bermain air di Tanjung Benoa, kamu bisa berkeliling dan mengunjungi tempat-tempat seru yang ditawarkan di sana. Mulai dari restoran seru yang menawarkan makan siang hingga makan malam bersama singa di Tsavo Lion Restoran. Dijamin, pengalaman makan siang dan makan malam yang tak biasa ini tidak akan bisa kamu lupakan sampai seumur hidup kamu.

Berkunjung ke Air Terjunnya


Sudah puas memanjakan perut, kini saatnya melihat pemandangan indah di sekitar Bali. Kamu bisa mampir ke Tibumana Waterfall. Air terjun yang berlokasi di Susut Bangli ini merupakan salah satu tempat yang paling dicari oleh para wisatawan jika berkunjung ke Bali. Tempat ini menjadi sangat fenomenal dan paling diminati karena wisata air ini memiliki dua air terjun kembar yang indah dan memiliki tinggi kurang lebih sekitar 20 meter. Seru sekali bukan? Bayangkan saja, sebelum tahun baru tiba kamu sudah bermain air bersama teman atau keluarga tercinta di tempat ini.
Makan sudah, bermain wisata air sudah, tentunya masih banyak sekali kegiatan yang bisa kamu lakukan ketika tengah berada di Bali. Jika sudah tiba waktunya malam pergantian tahun, tentunya tidak mudah untuk kamu yang baru pertama kali merayakan tahun baru di Bali. Selain akan ada banyak sekali tempat yang menawarkan perayaan kembang api dan pesta pantai, kamu juga harus memilih dengan sangat teliti, tempat yang mana yang pas dan cocok untuk kamu jadikan tempat asyik sambil menunggu perayaan tahun berganti.

Menyaksikan Kembang Api


Kalau kamu hanya ingin menonton kembang api saja, sebaiknya kamu bisa mengunjungi pantai yang berada di Bali seperti pantai Kuta, Seminyak atau Pantai Jimbaran. Kedua tempat inilah yang selalu menjadi tempat terbaik sepanjang tahun untuk bisa menyaksikan perayaan kembang api.
Bagaimana? sekarang sudah punya ide untuk menghabiskan malam pergantian tahun baru di Bali kan. Jika sudah memiliki rencana untuk terbang kesana, jangan lupa untuk mengecek harga tiket pesawat ke Bali dan promo hotel tahun baru di Reservasi.com.

3. Yogyakarta


Tak perlu bingung untuk menentukan liburan akhir tahun. Tempat wisata di dalam negeri pun masih sangat menarik untuk merayakan tahun baru tanpa harus bayar mahal ke luar negeri. Salah satu kota yang paling asyik untuk merayakan tahun baru 2017 adalah Yogyakarta.
Kenapa Yogyakarta? Kota budaya yang satu ini menawarkan liburan tahun baru yang berbeda dengan kota-kota lainnya. Yogyakarta bukan hanya sekadar kota kenangan, tetapi juga kota yang memiliki kekuatan magis yang membuat siapapun ingin kembali merasakan kenangan setiap kali bertandang.

Wisata Tahun Baru di Kota Yogyakarta


Umumnya pada saat malam tahun baru, ribuan orang berkumpul untuk menyaksikan pesta kembang api. Salah satu tempat yang cocok untuk berkumpul bersama keluarga atau bersama teman-teman adalah di Alun-Alun Utara Keraton Yogyakarta. Tempatnya tentu saja lebih besar jika dibandingkan dengan alun-alun Selatan. Aksesnya pun bahkan terbilang lebih dekat dengan jalan Malioboro.
Pergantian tahun dapat dinikmati dengan sederhana tapi bermakna. Esensi dari perayaan tahun baru sendiri sebenarnya adalah cukup untuk merayakannya bersama keluarga, sahabat, atau pasangan.
Terlebih lagi bersama pasangan, keromantisan dan kebersamaan tidak perlu dirayakan secara mahal misalnya dengan cara candle light dinner. Cukup melewati malam tahun baru bersama dengan duduk lesehan di angkringan sambil menikmati sego kucing atau wedang ronde yang membuat hangat tubuh di malam yang dingin. Istimewa!

Liburan Akhir Tahun Antimainstream di Yogyakarta


Jika ingin merasakan aktivitas yang sedikit berbeda dengan yang selama ini kamu lakukan di pusat kota, saatnya pergi ke pinggir kota Yogyakarta seperti berkemah di sekitar hutan pinus Bantul atau hutan Pinus Mangunan. Selain bisa mendirikan tenda, kamu juga bisa menikmati sajian alam dengan pemandangan indah sejuta bintang di langit Yogyakarta.
Hutan Pinus Mangunan termasuk salah satu tempat paling favorit anak muda untuk swa foto karena banyak spot menarik untuk berfoto.
Salah satu sudut kota yang sedikit mendaki dengan suasana pedesaan yang dingin adalah Kaliurang. Kawasan Kaliurang sudah lumrah dijadikan tempat liburan akhir tahun dengan menyewa villa bersama keluarga kemudian melakukan aktivitas malam tahun baru dengan bakar bakar sate atau ayam.
Pagi harinya sangat cocok untuk memulai hari baru dengan berjalan-jalan menyusuri sudut-sudut desa sambil menghirup udara yang segar.

Meskipun bukan di Yogyakarta, mendaki Merbabu sudah merupakan salah satu paket wisata liburan akhir tahun yang bisa kamu pertimbangkan. Seperti halnya para pendaki gunung yang ingin bertadabur alam, kamu juga bisa menghabiskan waktu menikmati detik-detik pergantian tahun dengan mendaki gunung Merbabu.
Salah satu yang ditunggu memang bukan pesta kembang api saat malam hari, melainkan cahaya baru di awal tahun yang akan membuat seluruh badan merasakan kehangatan seperti energi baru di tahun baru.

Jika pantai Parangtritis sudah dianggap terlalu mainstream, saatnya kamu menyusuri pantai-pantai romantis lain di daerah Gunung Kidul. Salah satunya adalah pantai Watu Lumbung. Seperti Tanjung Layar di Bayah, Banten, pantai Watu Lumbung di sebelah Barat Wedi Ombho ini memiliki batu karang di tengah lautan.
Bagaimana, sudah dapat ide buat liburan tahun baru di Yogyakarta? Saatnya dari sekarang berburu tiket promo tahun baru dan mencari promo hotel malam tahun baru. Pastikan perayaan tahun baru kali ini cukup di Indonesia saja, tepatnya ya di Yogyakarta. Jangan ragu untuk reservasi tiket pesawat murah dan booking hotelnya hanya di Reservasi.com.
4. Bandung

Mungkin sebagian dari kamu sudah mulai menyusun rencana tahun baru, ada yang berencana tahun baru ke Bali, Semarang, Yogyakarta,  atau mungkin berencana ke Bandung.
Kamu yang berencana ke Bandung, mungkin dari sekarang sudah bisa mulai mencari transportasi dan akomodasi untuk menuju kota kembang, Bandung. karena jika mencari tiket pesawat dan hotel menjelang hari tahun baru 2017, biasanya harganya sudah melonjak naik.
Ketika sudah mendapatkan tiket pesawat dan hotel yang terbaik, saatnya menentukan lokasi terbaik untuk merayakan tahun baru 2017, cek daftar tempat wisata di Bandung untuk perayaan tahun baru 2017.

Alun-alun kota Bandung


Alun-alun kota Bandung memang selalu diburu oleh warga lokal ataupun warga dari luar Bandung untuk merayakan tahun baru 2017.
Di sini kamu bisa melihat pesta kembang api, menikmati kuliner khas Bandung, serta menyaksikan berbagai hiburan gratis.
Pada saat malam tahun baru 2017, kawasan ini bakal dipenuhi banyak kendaraan, sehingga jalanan sering macet.
Kemacetan akan berimbas ke jalanan di sekitar alun-alun seperti Jalan Dalem Kaum, Jalan Asia Afrika, Jalan Karapitan, Jalan Dewi Sartika, Lengkong Kecil, Lengkong Besar, dan Burangrang akan menjadi lebih ramai dan macet daripada hari-hari biasanya.
Kawasan Dago

Ingin mendapatkan liburan tahun baru 2017 yang lengkap mulai dari berwisata alam, belanja, kuliner dan hiburan? Kawasan Dago adalah pilihan yang tepat.
Pada pergantian tahun, kawasan Dago akan ramai sekali di sini juga akan hadir banyak komunitas kreatif yang memeriahkan perayaan tahun baru 2017  Kawasan Dago juga biasanya memberlakukan car free night yang akan membuat suasana di Dago menjadi nyaman dan seru tanpa kendaraan roda empat dan dua.

Berburu promo dan diskon di Factory Outlet


Tempat Wisata di Bandung Utara ini, tepatnya di kawan Dago memang banyak menghadirkan factory outlet ternama di sini kamu bisa menemukan berbagai factory outlet, seperti Runway,Rafles,Gossip, Glamuor, Level, Blossom, serta berbagai factory outlet lainnya.
Biasanya beberapa factory outlet yang ada di sini sering mengadakan promo dan diskon. Selagi menghabiskan malam tahun baru, tak ada salahnya mendapatkan baju, celana, sepatu baru buat dipakai di tahun 2017 nanti.

Bukit Bintang


Selagi berada di kawasan Dago kamu tak boleh melewatkan kesempatan untuk berkunjung ke Bukit Bintang.
Bukit ini sangat tersohor di kalangan anak muda dan sangat indah saat malam hari. Di malam hari saat tahun baru 2017 pemandangan di daerah bukit bintang akan sangat indah dipenuhi kembang api dan bertabur bintang.

Lokasi dan Akses Menuju Bukit Bintang


Lokasinya tak jauh dari pusat kota tepatnya di Jalan Bukit Dago Timur Bandung, membuat  bukit bintang jadi incaran wisatawan.
Untuk rute menuju ke Bukit Bintang, carilah jalur menuju ke Dago Pakar. Dari Dago Pakar lalu menuju Stone Café, lalu dari stone café kemudian belok ke arah kanan, maka sampailah kamu ke Bukit Bintang, Bandung.
Harga tiket masuk ke Bukit Bintang terbilang murah karena kurang dari Rp5.000

Lapangan Tegalega


Lapangan Tegalega seakan tak pernah sepi dari hiruk-pikuk masyarakat. Setiap malam tahun, banyak masyarakat tumpah ruah di sini. Lapangan Tegalega memiliki luas sekitar 16 hektar dan di lapangan ini terdapat lapangan bersejarah yaitu monumen Bandung Lautan Api.
Lapangan Tegalega tak hanya menghadirkan cerita sejarah, namun berbagai macam jajanan khas Bandung, hiburan, pasar malam, pasar kaget, serta pesta kembang api juga akan menemani kamu saat menghabiskan malam pergantian tahun.

5. Semarang


Meski bukanlah sebuah perayaan tahun baru yang jor-joran, tapi Semarang mampu merayakan setiap momen pergantian tahun dengan berbagai keunikannya. Di kota ini, kamu bisa menemukan kekayaan objek wisata bernilai historis, seperti kota tua terbaik di Indonesia, dan wisata kuliner yang patut diunggulkan. Kehidupan kota lumpia ini nampak bersahaja, tapi jangan salah, dalam hal perayaan dan pesta-pesta besar, seringkali antusiasme masyarakat Semarang menjadi juaranya.
Ada beberapa titik populer di Kota Semarang yang menjadi favorit masyarakat dan pengunjung wisatawan untuk menantikan detik-detik pergantian tahun di malam tahun baru. Mari kenali lokasi-lokasinya berikut ini.

Simpang Lima Semarang


Titik di paru-paru Kota Semarang ini selalu dipenuhi para pemuda dan pemudi di malam tahun baru. Jalanan di sekitar lokasi Simpang Lima biasanya mulai ditutup sejak jam 6 sore dan para pengunjung pun mulai berdatangan memadati area Simpang Lima, untuk menyaksikan pesta kembang api.
Untuk menjaga keamanan, ratusan petugas keamanan dikerahkan, dan posko-posko yang dilengkapi CCTV pun turut ditempatkan di berbagai titik keramaian. Beberapa jalan utama juga ditutup dan dialihkan ke jalan lainnya. Penjagaan dan pengamanan di sini amat diperhatikan, agar para pengunjung terutama wisatawan, selalu merasa nyaman untuk kembali merayakannya di Semarang.
Gombel, Rinjani, Daerah Semarang Atas

Kalau kamu ingin menyaksikan keindahan atraksi kembang api dari ketinggian, datang saja ke tempat-tempat yang dikenal sebagai daerah Semarang Atas. Selain bisa menikmati pemandangan Kota Semarang berhiaskan temaram lampu-lampunya yang romantis, kamu juga bisa menikmati sajian live music dan atraksi kembang api di beberapa tempat seperti Rinjani View dan Restoran Alam Indah.
Lokasi berhawa sejuk ini cocok buat kamu kalau tidak terlalu suka keramaian. Kamu bisa melewati malam tahun baru yang romantis bersama pasangan di tempat ini, dan sambutlah matahari pertama di tahun yang baru, dengan sinar emasnya menyinari kalian berdua, di atas Kota Semarang.

Pantai Marina


Atau kamu mengincar tempat terbuka lainnya yang masih bernuansa alam? Datang dan ramaikanlah Pantai Marina. Di pantai ini ada atraksi ribuan kembang api berdurasi selama 30 menit, yang telah dinobatkan sebagai pesta kembang api terbesar di Semarang.
Acara malam tahun baru di Pantai Marina dipusatkan di Beach Front Marina Convention Centre (MCC) Semarang. Di sini, kamu bisa mengikuti kegiatan-kegiatan menarik dan beragam acara hiburan yang digelar semalaman suntuk.

Romantisme Kampung Laut


Kampung Laut adalah sebuah rumah makan apung dan pemancingan bernuansa alami. Menu yang ditawarkan salah satu rumah makan paling laris di Semarang ini tak lain adalah hidangan laut. Lokasinya di Puri Maerokoco, Jalan Anjasmoro Tawang Mas. Kamu perlu reservasi tempat dulu sebelum datang, sebab tempat ini selalu ramai pengunjung, terutama di malam tahun baru.
Pilihan yang tepat kalau kamu dan keluargamu atau teman-teman ingin melewatkan detik-detik pergantian tahun sambil menikmati hidangan lezat dalam nuansa keakraban dan kehangatan, sebelum bersama-sama menyaksikan keindahan bunga-bunga api yang memecah keheningan langit malam dan menjadi puncak kebahagiaan di penghujung tahun.

Nol Kilometer


Nol Kilometer Kota Semarang menjadi titik perayaan tahun baru yang meriah. Artis-artis lokal hadir di sini untuk menghibur ribuan masyarakat yang antusias menunggu detik-detik pergantian tahun. Acara pamungkasnya diisi oleh band papan atas yang tampil dengan lagu-lagu andalannya, mengawali menit-menit menjelang countdown. Barulah diikuti pesta kembang api nan memukau mewarnai langit Kota Semarang, tepat pukul 00.00 Wib. Suara­­ sorak-sorai dan riuh terompet pun serentak menggelegar.
Hotel-hotel di Semarang juga berlomba-lomba menawarkan paket promo tahun baru dengan menggelar beragam acara dan penawaran menarik. Misalnya jamuan makan istimewa yang dihidangkan secara unik, pool party, penampilan musik, bahkan acara sulap yang dibarengi ramalan peruntungan di tahun baru.
Tema-temanya pun menarik, seperti bajak laut ala Pantai Karibia, tema sirkus dengan dekorasi ala karnaval, dan kostum-kostum lucu para pegawai hotelnya. Nah, yang ini juga seru, di Hotel Novotel kamu bisa ikutan Forbidden Party di Club 123, yaitu pesta kostum yang sasaran tamunya di atas usia 18 tahun.
Sementara di Taman Budaya Raden Saleh digelar festival seni seperti Wayang Kulit, Semarang Dance Competition, Pertunjukan Musik, dan Musikalisasi Puisi. Di sini diadakan ritual Prosesi Purna Buka Warsa, yaitu ritual tutup tahun dan buka tahun, yang berupa doa masyarakat untuk kesejahteraan Kota Semarang di tahun baru. Acara penutupnya rahasia, supaya kamu bisa mencari tahu sendiri keunikannya, saat memutuskan pergi liburan akhir tahun di Semarang.

6. Gili Trawangan, Lombok


Berencana menghabiskan malam pergantian tahun di tempat yang istimewa? Gili Trawangan bisa menjadi salah satu pilihan yang terbaik untuk kamu coba. Terletak di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB), Gili Trawangan adalah salah satu pulau kecil di Lombok dengan segala pesonanya yang kerap kali dijuluki sebagai “Party Island” oleh para wisatawan.
Pantainya yang indah, hamparan pasirnya yang berwarna putih, air lautnya yang jernih, serta udaranya yang segar, menjadi daya tarik yang sangat kuat bagi para wisatawan untuk berkunjung ke Gili Trawangan. Tak terkecuali pada malam pergantian tahun baru. Gili Trawangan yang mempesona seolah-olah berubah menjadi spot pesta yang menawarkan berbagai kemeriahan dan keseruan.

Tak hanya diramaikan oleh wisatawan lokal, wisatawan  mancanegara pun berbondong-bondong datang ke Gili Trawangan untuk merayakan kemeriahan malam pergantian tahun baru. Keramaian dan keseruan ini tidak terlepas dari berbagai acara pesta yang disusun dan diselenggarakan oleh kelab-kelab malam yang ada di Gili Trawangan.

Kamu perlu melipir ke sebelah barat Pulau Gili Trawangan untuk bisa ikut merayakan meriahnya malam pergantian baru. Kamu akan disambut dengan berbagai sajian hiburan yang menarik. Pertunjukan musik yang spektakuler, berdansa dan berjoget di lantai berpasir, pertunjukan fire dance atau tarian api yang menakjubkan, hingga acara puncak berupa pertunjukan kembang api yang meriah.
Meskipun memiliki acara yang semarak dan penuh sesak oleh pengunjung, Gili Trawangan dapat dikatakan memiliki sistem keamanan yang cukup ketat karena berlandaskan pada hukum adat setempat. Jika terjadi pencurian atau tindakan kejahatan, pelakunya dipastikan akan dikenakan hukuman adat berupa pengarakan keliling pulau serta tidak diizinkan untuk menginjakkan kaki lagi di Gili Trawangan.

Nah, selepas malam perayaan tahun baru, jangan terburu-buru untuk pulang. Pasalnya, Gili Trawangan memiliki spot-spot istimewa lain yang bisa kamu kunjungi untuk sekadar melepas penat dari segala huru-hara semarak perayaan tahun baru. Kamu juga bisa sekalian liburan tahun baru dengan menjelajah Lombok.
Kamu bisa menuju ke sisi timur Gili Trawangan untuk menyaksikan sunrise yang indah. Selain itu, kamu juga bisa berkunjung ke Pantai Mawun yang belum banyak diketahui para wisatawan. Suasananya yang sepi dan tenang dan hamparan pasirnya yang putih menjadi daya tarik dari Pantai Mawun. Namun, kamu harus tetap berhati-hati saat berkunjung ke pantai ini karena ombaknya cukup besar dan belum ada penjaga pantai.
Kamu disarankan untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik ketika memiliki rencana untuk merayakan malam pergantian tahun di Gili Trawangan, Lombok. Tiket pesawat dan hotel adalah dua hal yang wajib kamu pesan dari jauh-jauh hari agar mendapatkan harga murah sesuai budget dan letak hotel yang strategis.
Biasanya, dua bulan sebelum acara perayaan pergantian tahun, hotel-hotel di Lombok terutama di wilayah yang dekat dengan Gili Trawangan telah penuh dipesan oleh para wisatawan lokal dan mancanegara. Tak jarang pula, wisatawan yang tidak mendapatkan hotel akhirnya harus menginap di rumah warga atau tidur dengan tenda di pinggir pantai.
 Selamat merayakan tahun baru!