Keren, Tak Harus di Ruang Kelas, Begini Cara Seru Belajar Kekayaan Biota Laut Indonesia


PERLUTAU.COM, JAKARTA – Indonesia adalah negara kepulauan atau maritim yang sangat kaya akan berbagai sumberdaya alam dan beraneka ragam biota laut. Anda pasti pernah menyimak lirik lagu berjudul 'Nenek Moyangku Seorang Pelaut.'
Penggalan lagu ini menggambarkan nenek moyang bangsa Indonesia yang dikenal sebagai pelaut tangguh. Mereka berlayar ribuan mil jauhnya dari pulau satu ke pulau lain.
Luasnya wilayah perairan Indonesia menyimpan kekayaan biota laut yang luar biasa. Sebagai salah satu cara mengenali kekayaan alam Indonesia sekaligus menumbuhkan rasa cinta pada Tanah Air, ada baiknya kita sebagai orangtua memperkenalkan kekayaan biota laut kita kepada buah hati.
Tidak harus dengan pergi ke tengah laut atau membuka-buka buku-buku ensiklopedi yang tebal, ada cara mudah mengenal dan mempelajari lebih dekat kekayaan biota laut Indonesia dengan melihat wujud aslinya di wahana yang dihadirkan Seaworld Ancol di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta.
Taman Wisata Bertema ini menyediakan wisata edukasi In-House tentang biota laut Indonesia melalui ragam koleksi biota lautnya yang terbilang lengkap.
Orangtua dan juga para guru bisa memperkenalkan kepada anak-anak tentang makhluk penghuni Samudera Indonesia yang layak dilestarikan.
Para Orangtua dan guru pengajar juga dapat menjelaskan jenis-jenis biota laut dengan cara mudah melalui paket wisata In-House di Seaworld Ancol.
Anak-anak bisa melihat dari dekat aneka terumbu karang serta beragam jenis ikan dengan bentuk dan wujudnya yang unik.
Berbagai koleksi ikan-ikan dari perairan air tawar dan laut tersaji cantik di akuarium raksasa yang bisa dilihat dari dekat.
Seaworld Ancol beroperasi setiap harinya mulai pukul 09.00 sampai 18.00 WIB. Selain menampilkan beragam biota laut, paket In house Seaworld juga menghadirkan teater, presentasi dan interaksi langsung dengan biota laut, termasuk aktiviita feeding show atau pemberian makanan kepada biota laut tertentu.
Paket wisata in house ini mampu menampung hingga seratusan pengunjung dan akan langsung didampingi satu petugas eduguide untuk menjelaskan tentang ragam biota laut yang tersaji di wahana ini.
Pengelola Seaworld Ancol siap memberikan pendampingan bekerja sama dengan pihak sekolah yang berminat mengajak murid-muridnya menikmati wisata edukatif ini, untuk mengajak mereka mengenali megafauna laut dengan cara menyenangkan.
Seaworld Ancol menyediakan Lembar Kerja Siswa (LKS) bagi para siswa-siswi yang mengunjungi wahana ini.
Tentu saja, melalui paket wisata edukasi In house, para siswa-siswi bisa bermain sambil belajar mengenal biota laut di Indonesia dengan cara seru dan menyenangkan.
Dengan begitu, pengetahuan yang siswa dapatkan setelah mengunjungi wahana ini akan mampu menumbuhkan kesadaran di benak mereka untuk makin mencintai kekayaan laut Indonesia.
Sehubungan dengan kapasitas tempat yang terbatas, maka untuk dapat menikmati paket in house, diharuskan melakukan pemesanan terlebih dahulu paling lambat tujuh hari sebelum kunjungan.
Selain, paket in house di Seaworld Ancol, sarana edukasi keluarga juga disediakan saat berkunjung ke Ocean Dream Samudera. Para pengunjung dapat menambah pengetahuan secara gratis melalui Rumah Pintar.
Ada lebih dari 200 buku yang ditawarkan di dalamnya, seperti buku-buku bacaan umum yang memuat materi-materi pelajaran tentang fisika, kimia, kelautan yang dilengkapi gambar dan materi yang sederhana sehingga cocok dibaca oleh anak-anak.
Rumah pintar juga menyajikan penampakan hewan-hewan yang diawetkan, seperti lumba-lumba, singa laut, kupu-kupu, serangga dan lain sebagainya. Hal ini untuk mengedukasi tentang faktor-faktor kematian dari masing-masing hewan.
Tersedia juga alat peraga edukasi dan berbagai permainan edukatif, seperti video edukasi tentang proses kelahiran lumba-lumba yang menunjukkan proses awal kontraksi hingga lahiran dari anak lumba-lumba.
Rumah pintar ini buka setiap hari dari pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB. Kehadiran Paket In house di Seaworld Ancol dan Rumah Pintar Ocean Dream Samudera membantu menjawab pertanyaan pengunjung secara langsung dan tentunya akan menambah pengetahuan dan wawasan baru tentang dunia hewan.

Halaman Berikutnya: