Woow Tak Hanya Seru Sebagai Hiburan, Aksi Ini Dapat Mendajadi Sarana Pengobatan


PERLUTAU.COM, JAKARTA - Taman margasatwa adalah tempat hewan dipelihara dalam lingkungan buatan, dan dipertunjukkan kepada publik. Selain sebagai tempat rekreasi, tempat ini juga berfungsi sebagai tempat pendidikan, riset, dan tempat konservasi untuk satwa terancam punah. Binatang yang dipelihara di kebun binatang sebagian besar adalah hewan yang hidup di darat, sedangkan satwa air dipelihara di akuarium.Kekayaan alam yang dimiliki Indonesia mempengaruhi terciptanya keanekaragaman satwa yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.
Bagi masyarakat yang ingin melihat langsung aneka satwa baik darat maupun laut tersebut tak perlu mengeluarkan biaya yang besar, tempat wisata edukasi yang terlengkap dan berposisi strategis bisa jadi pilihan masyarakat.


Selain lebih dekat, tempat wisata edukasi sekaligus konservasi ini diharapkan membuat masyarakat lebih menyayangi dan mengenal kemampuan-kemampuan khusus yang dimiliki aneka satwa.
PT Taman Impian Jaya Ancol melalui Taman Bertema Ocean Dream Samudera mengumumkan wahana baru bernama Dolphin Bay.
Wahana Dolphin Bay merupakan kolam lumba-lumba hidung botol yang bertujuan menghadirkan interaksi pengunjung dan lumba-lumba menjadi lebih dekat dan menyenangkan.
Tak hanya itu, Ocean Dream Samudra juga menyediakan terapi lumba-lumba (dolphin therapy) pertama di Asia Tenggara bagi anak-anak berkebutuhan khusus, seperti autisme, down syndrome, cerebral passy, gangguan keterlambatan bicara, dan gangguan tumbuh kembang hingga pemulihan pasca stroke.
Ocean Dream Samudera sebagai lembaga konservasi sekaligus edukasi entertainment atau Edutainment menampilkan beragam aktivitas, mulai dari pengembangbiakan dan penyelamatan tumbuhan hingga sarana edukasi berupa peragaan, penelitian, perlindungan dan pelestarian jenis serta sarana rekreasi sehat.
Kedua tujuan Ocean Dream Samudera tersebut diwujudkan melalui berbagai fasilitas yang terbagi atas Family Recreation, Rides, Education Places.
Bagi anak-anak dan keluarga, Ocean Dream Samudera menyediakan Family Recreation yang mempertunjukkan atraksi dari berbagai satwa laut, seperti petualangan lumba-lumba (Dolphin Show), singa laut dan sahabat (Sealion and Friends), sinema 4 dimensi, Scorpion Pirates - Stuntman Show, dan Underwater Theater.
Di wahana petualangan lumba-lumba (Dolphin Show) ditampilkan atraksi lumba-lumba yang energik seperti yang dilakukan mereka di alam. Pengunjung tak hanya bisa melihat lumba-lumba melompat dan berputar saja, tetapi juga saling berinteraksi dengan lumba-lumba.
Tak hanya lumba-lumba, Ocean Dream Samudera juga menampilkan kecerdasan satwa laut lainnya, yaitu singa laut dan sahabat dalam wahana yang dinamakan Sealion and Friends.
Pengalaman wisata edukasi bagi anak-anak dan keluarga akan bertambah lebih seru melalui petualangan di dunia laut dengan karakter animasi dan melodi lucu berbagai ikan laut, seperti gurita, udang, kuda laut, dan lain-lain melalui Sinema 4D bernama Theatre 4D.
Sinema ini bercerita tentang seekor ikan karang bernama Deepy yang tinggal di terumbu karang laut tropis dan berencana mengunjungi neneknya untuk memberi kado ulang tahun.
Atraksi menarik lainnya Scorpion Pirates, yakni wahana menyerupai pertempuran laut melawan bajak laut Kalajengking. Dengan special effect dan atraksi menarik dari water stuntman show membuat aksi penyelamatan dari serangan bajak laut menjadi seru dan mendebarkan.
Family Recreation ditutup dengan fasilitas bernama Underwater Theatre. wahana yang menampilkan kumpulan ikan dalam jumlah massal bergulung dan berputar menyerupai angin tornado, merupakan kolaborasi Tornado Fish dan mermaid serta penyelam profesional yang menampilkan tarian synchronized di dukung efek-efek cahaya sehingga pertunjukkan menjadi seru dan menarik.
Sementara itu, fasilitas Rides Ocean Dream Samudera terdiri dari wahana ubur-ubur (Balon Race), Wahana Boto-boto (Red Baron), dan Wahana Laga-Logon (Kiddy Bumper Car).
Ketiga wahana itu dapat dinikmati secara gratis oleh para pengunjung sehingga bisa menambah keceriaan para pengunjung saat berkunjung ke Ocean Dream Samudera.
Ada pula sarana edukasi lain (education places), seperti Ocean Butterfly, Dolphin Bay, Rumah Pintar dan Dolphin Kids Playground.
Ocean Butterfly merupakan wahana edukasi yang memudahkan pengunjung melihat langsung kehidupan kupu-kupu nan cantik di Ocean Dream Samudera.
Rumah pintar merupakan wahana edukasi keluarga yang disediakan untuk menambah pengetahuan saat berkunjung ke Ocean Dream Samudera yang dapat dinikmati secara gratis dengan fasilitas pendukung seperti, buku bacaan umum, alat peraga edukasi dan permainan edukatif, sedangkan Dolphin Kids Playground merupakan areal bermain bagi anak-anak.
Aneka hiburan edukatif Ocean Dream Samudra dapat dinikmati mulai dari pukul 09.00 - 17.00 WIB dan harga tiket membership untuk satu tahun (annual pass) seharga Rp 160.000. Beragam promo menarik sering diberikan kepada follower dan teman Media Sosial Ocean Dream Samudra di alamat https://www.facebook.

Halaman Berikutnya: